Selamat datang di TokoKata! Tempat belajar investasi dan memperluas wawasan dunia! Follow kami di Google News!

Cara Jitu Mengusir dan Membunuh Semut Dengan Aman Tanpa Pestisida Buatan!

Ingin tau cara mengusir semut tanpa menggunakan pestisida buatan yang berbahaya? Simak kiat-kiat berikut ini!
Tips memberantas semut

Rumah kamu sedang diteror oleh gerombolan semut? Jangan khawatir! Ikuti 20 tips ampuh berikut ini untuk membasmi geng semut nakal!

Kamu bisa mengusir semut dengan menggunakan berbagai macam produk rumah tangga seperti cuka putih atau minyak esensial. Namun, ada beberapa produk tertentu yang mungkin kurang aman untuk digunakan. 

Pestisida buatan, misalnya, bisa menimbulkan ketidaknyamanan, mengkontaminasi makanan, dan tentunya bisa membahayakan manusia dan hewan peliharaanmu! Jadi, berhati-hatilah dalam memilih produk pengusir semut!

Apakah semut berbahaya bagi manusia?

Menurut National Wildlife Federation, terdapat lebih dari 12.000 spesies semut yang telah teridentifikasi di seluruh dunia. Sebagian besar semut tidak berbahaya bagi manusia. Tetapi, spesies semut tertentu ternyata dapat membawa bakteri yang bisa menyebar ke manusia. Jadi, semut berpotensi menjadi penular penyakit atau infeksi. 

Sebagai contoh, sebuah penelitian kecil pada hewan tahun 2019 menunjukkan bahwa semut Monomorium dapat membawa bakteri patogen yang dapat membahayakan kesehatan manusia. 

Sebelumnya, ada juga sebuah penelitian pada tahun 2005 yang menyatakan bahwa semut firaun (yang juga merupakan jenis semut Monomorium) dapat menjadi penyebab asma bronkial dan alergi pernapasan. Waduh! Ngeri yah!

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengusir dan menghilangkan semut dengan mudah dan aman. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika nantinya ada wabah semut yang datang menyerang rumahmu!

Cara Alami Untuk Membasmi Semut

Ada banyak sekali cara untuk membasmi semut dan koloninya! Meskipun jasa pembasmi serangga profesional terkadang diperlukan dalam beberapa kasus, solusi alami di bawah ini dapat membantumu untuk mengatasi semut tanpa menggunakan bahan kimia beracun.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk membunuh dan mengusir semut dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kita temukan di rumah atau di toko sekitar!

#1 Tanah diatom (silikon dioksida)

tanah diatom untuk usir semut

Tanah diatom adalah sejenis silika yang terbuat dari sisa-sisa fosil microorganisme air yang disebut diatom (sejenis plankton).

Tanah diatom bukanlah racun tapi dapat membunuh semut dan serangga lainnya dengan cara menyerap minyak dari tubuh mereka, yang nantinya akan membuat tubuh semut menjadi kering. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena tanah ini bisa menimbulkan iritasi jika terjadi kontak dengan paru-paru, kulit, dan, mata. 

Gunakan masker agar sebuk tanah diatom tidak terhirup dan gunakan juga sarung tangan agar bahan ini tidak langsung menyentuh kulitmu.

Kamu bisa membeli tanah diatom online melalui Tokopedia, ada banyak sekali toko yang menjualnya. 

Cara menggunakan tanah diatom bisa kamu lihat di petunjuk penggunaan pada kemasan. Pada dasarnya, cara penggunaannya cukup mudah. Taburkan bubuk diatom di sekitar sarang dan tempat yang sering dilewati semut. Setelah itu kamu cukup menunggu beberapa saat, semut-semut itu akan pergi dan mungkin akan ada yang mati.

#2 Pembersih kaca dan deterjen cair

Pembersih kaca

Tahu nggak sih? Ternyata semut menggunakan feromon untuk saling berkomunikasi. Feromon ini juga membantu semut ketika mencari makanan. 

Seekor semut akan meninggalkan jejak feromon saat mereka berjalan. Jejak feromon ini memiliki fungsi seperti penunjuk jalan sehingga mereka tidak kesulitan untuk mencari rute menuju sarang atau ke sumber makanan.

Selain itu, jejak feromon ini bisa mengundang semut lain. Inilah mengapa jika kamu menemukan satu semut maka akan ada semut lainnya di sekitarnya. Dengan membersihkan tempat yang dilalui oleh semut menggunakan pembersih kaca atau deterjen cair, maka jejak feromon ini bisa terhapus dan hilang sehingga tidak mengundang semut lain untuk datang.

Inilah cara yang bisa kamu coba:

  • Campurkan semprotan pembersih kaca dengan deterjen cair ke dalam botol semprot yang bersih.
  • Semprotkan campuran pembersih kaca dan deterjen pada area yang menjadi tempat semut masuk atau berkumpul.
  • Setelah penyemprotan, seka/lap area tersebut agar feromon dari semut benar-benar hilang.

#3 Cabai merah bubuk

Cabai rawit merah adalah pengusir semut alami! 

Rasanya yang pedas ternyata juga tidak disukai oleh semut. Serangga menganggap bau cabai sebagai tanda berbahaya. 

Sifat pedas dari cabai dapat mengiritasi semut! Oleh karena itu, semut tidak menyukai bubuk cabai ini. Penggunaan bubuk cabai merupakan salah satu cara yang aman untuk mengusir semut yang berada di dekat makan. 

Untuk menggunakan bubuk cabai sebagai pengusir semut, kamu cukup menaburkannya di sekitar area tempat semut berkumpul. 

#4 Peppermint

peppermint

Peppermint adalah salah satu pengusir serangga alami yang dapat menghalau dan mengusir semut secara efektif. Peppermint juga dapat menghalau serangga lainnya, seperti nyamuk dan lalat.

Untuk menggunakannya sebagai pengusir semut, kamu bisa membeli minyak esensial peppermint yang lebih mudah untuk didapatkan.

  • Campurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial peppermint dengan 2 gelas air ke dalam botol semprot plastik yang bersih.
  • Semprotkan campuran tersebut di sekitar tembok dan jendela rumahmu. 
  • Biarkan hingga mengering.

Jika kamu rasa perlu, kamu boleh mengulangi step di atas sesuai kebutuhan.

Seperti kebanyakan minyak esensial, jauhkan minyak peppermint dari jangkauan hewan peliharaan, terutama kucing, karena bahan ini dapat menimbulkan iritasi jika terpapar.

#5 Tea tree oil

Pohon tea oil

Seperti minyak peppermint, tea tree oil juga bisa mengusir semut secara efektif. Jauhkan tea tree oil dari jangkauan hewan peliharaan karena minyak esensial ini juga dapat menimbulkan iritasi. Untuk menggunakan tea tree oil, kamu cukup melakukan langkah berikut:

  • Campurkan 5 hingga 10 tetes tea tree oil dengan 2 gelas air dalam botol semprot plastik yang bersih.
  • Semprotkan campuran tersebut di sekitar rumahmu yang terdapat semut. 

Sebagai alternatif, kamu bisa membasahi bola kapas dengan campuran tersebut dan meletakkannya di dekat sarang semut.

#6 Lemon eucalyptus essential oil

batang pohon lemon eucalyptus

Minyak yang diekstrak dari pohon lemon eucalyptus ini adalah minyak yang bisa menjadi pengusir serangga alami. 

Minyak esensial lemon eucalyptus mengandung citronella, yang merupakan zat yang sering digunakan untuk membuat pengusir serangga.

Untuk menggunakannya, kamu bisa lakukan langkah berikut:

  • Basahi kapas dengan minyak esensial lemon eucalyptus murni.
  • Letakkan bola kapas di area yang terdapat semut.
  • Ganti bola kapas setiap minggu dengan bola kapas yang baru.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena minyak esensial ini dapat menimbulkan iritasi!

#7 Oil of lemon eucalyptus (OLE)

Meskipun namanya mirip dengan lemon eucalyptus oil, oil of lemon eucalyptus (OLE) ternyata berbeda! OLE berasal dari pohon eucalyptus yang tumbuh di Australia. Minyak ini mengandung bahan kimia yang disebut p- Menthane-3,8-diol (PMD) yang merupakan senyawa pengusir serangga paling efektif.

Di Amerika, PMD diklasifikasikan sebagai biopestisida oleh Environmental Protection Agency (EPA) dan bahan ini aman untuk digunakan. Kamu bisa membeli OLE di Tokopedia atau di toko-toko pertanian.

#8 Cuka Putih

Cuka putih untuk mengusir semut

Cuka putih sangat mudah dicari karena tersedia di semua toko bahan makanan. Bahan ini bisa menjadi solusi yang mudah, murah dan efektif untuk membunuh dan mengusir semut di rumahmu. 

Cuka putih juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih alami, lho! Sangat multifungsi.

  • Kamu bisa coba gunakan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1 banding 1. 
  • Lalu semprotkan campuran tersebut ke area yang terdapat semut. 

Kamu juga bisa menggunakan kain atau tisu untuk menyeka area tersebut.

#9 Air Mendidih

Jika kamu melihat lubang semut di dekat rumahmu, tuangkan air mendidih ke dalam lubang tersebut. Cara ini akan secara efektif membunuh dan mengusir banyak semut di dalamnya. 

Semut yang terlihat mungkin hanya sedikit, akan tetapi koloni semut yang berada di dalam lubang tersebut sangatlah banyak. 

Perlu kalian ketauhi, air mendidih saja mungkin tidaklah cukup untuk mengusir semut. Setelah menggunakan air mendidih, gunakan juga cara yang lain yang ada di artikel ini agar semut tidak kembali lagi!

#10 Tepung maizena

Tepung maizena banyak tersedia di toko-toko bahan makanan. Tepung ini ternyata bisa menjadi salah satu bahan yang efektif untuk membasmi semut!

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menaburkan tepung maizena ke area atau lubang yang terdapat semut. Lalu tambahkan air di atasnya. Semut pun akan terbungkus tepung maizena sehingga akan sulit bagi mereka untuk bergerak. 

Setelah itu kamu dapat membersihkannya dengan mudah!

#11 Minyak esensial daun kayu manis

daun kayu manis

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa dalam minyak esensial daun kayu manis, yaitu trans-cinnamaldehyde, dapat membunuh dan mengusir semut dengan sangat efektif, bahkan semut api merah sekalipun. 

Cara menggunakannya cukup mudah. 

  • Basahi bola kapas dengan minyak esensial daun kayu manis murni
  • Lalu, letakkan bola kapas di area dan lubang yang terdapat semut
  • Ganti bola kapas setiap minggu dengan bola kapas yang baru.

Kamu bisa menemukan minyak esensial ini di toko makanan atau membelinya secara online.

#12 Minyak mimba

Minyak mimba adalah insektisida alami yang diekstrak dari pohon mimba. Tanaman yang berasal dari India ini cukup populer dalam industri kosmetik.

Penggunaan minyak mimba juga populer di kalangan orang-orang yang suka bercocok tanam karena minyak ini dapat digunakan untuk menghilangkan kutu daun dan hama tanaman lainnya. 

Tidak hanya itu, minyak mimba juga bisa digunakan untuk membunuh dan mengusir semut!

Cara menggunakannya cukup semprotkan minyak mimba murni pada area tempat semut berkerumun. Jangan campurkan minyak mimba dengan air! Jika diencerkan, minyak mimba tidak bisa bekerja dengan baik.

#13 Bubuk kopi

bubuk kopi untuk mengusir semut

Endapan bubuk kopi terbukti dapat mengusir semut!

Kamu bisa menaburkan bubuk kopi yang baru diseduh di dekat lubang atau sarang semut dan tinggalkan di area tempat semut berkumpul.

Kamu juga bisa meletakkan bubuk kopi di sekitar ambang jendela untuk mencegah semut masuk kedalam rumah. Bubuk kopi yang diseduh ini akan kehilangan khasiatnya setelah kering, jadi pastikan untuk sering menggantinya!

#14 Asam borat

Asam borat adalah jenis racun yang dapat membunuh semut pekerja dan ratu mereka dalam waktu 3 minggu setelah terpapar.

Hal ini bisa terjadi karena asam borat bekerja dengan cara mengikis kulit luar dan perut semut. Kamu bisa mendapatkan asam borat di toko pertanian atau membelinya secara online.

Untuk menggunakan asam borat, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Gunakan sarung tangan pengaman.
  • Buatlah larutan dengan mencampurkan 1/2 sendok teh asam borat, 8 sendok teh gula dan 1 cangkir air hangat.
  • Aduk hingga gula dan asam borat larut.
  • Basahi bola kapas dengan larutan yang sudah dibuat dan usapkan di sekitar area yang terdapat semut.
  • Pastikan untuk mencuci peralatan dan tangan setelah selesai untuk mencegah iritasi.

Kamu juga bisa menggunakan asam borat sebagai bahan untuk membuat perangkap semut. 

Caranya, kamu bisa mencampurkan bubuk asam borat dengan pemanis makanan, seperti sirup maple atau cairan gula. Oleskan pada tempat sekali pakai seperti karton, dan letakkan di area yang terdapat semut. Semut akan keracunan jika mengonsumsinya!

#15 Boraks (natrium tetraborat)

Meskipun namanya terdengar mirip, boraks dan asam borat merupakan senyawa kimia yang berbeda. Akan tetapi, keduanya bisa digunakan untuk membunuh semut di rumah. 

Karena zat ini dapat menimbulkan iritasi, pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Kamu bisa menemukan boraks di toko pertanian.

Untuk menggunakan boraks, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan sarung tangan agar kulitmu tidak menyentuh boraks secara langsung.
  • Buatlah larutan 1/2 sendok teh boraks, 8 sendok teh gula pasir, dan 1 cangkir air hangat.
  • Aduk hingga gula dan boraks larut.
  • Basahi bola kapas dengan larutan tersebut dan letakkan di sekitar rumahmu di area yang terdapat semut.

Setelah digunakan, jangan lupa cuci wadah hingga bersih!

#16 Lemon

Kamu bisa menyemprotkan atau menyeka air perasan lemon pada area yang dilewati semut. Larutan lemon ini bisa menghilangkan jejak feromon, membuat semut menjadi bingung! 

Selain itu, bau lemon kuat akan mengurangi aroma makanan yang dapat mengundang semut. Kamu juga bisa meletakkan kulit lemon di lemari untuk mengusir dan mencegah semut datang kembali.

Metode ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan simpel!

#17 Periksa tanaman hiasmu

Tanaman hias indoor sering menjadi sarang semut. Pastikan untuk memeriksa tanaman hias mu dari kawanan semut secara rutin. Adanya semut pada tanaman juga bisa mengindikasikan adanya sarang semut di bawah tanah. 

Agar tidak menyebar, buanglah tanaman yang terserang semut. Untuk mencegah semut membuat sarang di tanaman, kamu bisa meletakkan kulit jeruk atau lemon di sekitar tanaman.

#18 Jaga kebersihan di luar ruangan


Pastikan halaman rumahmu selalu bersih dan buanglah sampah secara rutin. 

Potong tanaman merambat yang menjalar hingga menyentuh dinding luar rumah atau jendela, karena hal ini dapat memudahkan semut masuk ke dalam rumah!

#19 Jauhkan dari sumber makanan yang mengundang semut

Semut menyukai makanan manis dan bertepung seperti gula, madu, dan tepung jagung. 

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mencegah semut adalah dengan memastikan tidak ada sumber makanan yang dapat mengundang mereka.

Simpan makanan dalam wadah atau kantong plastik yang tertutup rapat. Cuci semua piring dan peralatan masak segera setelah selesai makan.

Bersihkan remah-remah makanan dengan sapu atau penyedot debu. Tempat-tempat yang sering menjadi tempat menumpuknya remah-remah makanan adalah:

  • Di bawah dan di sekitar peralatan di dapur
  • Di bantal sofa
  • Di dalam ember sampah
  • Di area rumah tempat keluarga makan atau menyiapkan makanan

Makanan hewan peliharaan juga dapat menarik semut. Segera bersihkan tempat makan hewan peliharaan setelah hewan peliharaanmu selesai makan.

20. Menghilangkan pintu masuk semut

Kamu harus mencari tahu bagaimana semut bisa memasuki rumah! Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan pintu masuk semut sehingga dapat mencegah semut untuk kembali.

Periksa apakah ada retakan di dinding atau lubang di lantai yang bisa menjadi tempat masuknya semut. Kamu bisa menutup retakan atau lubang tersebut. 

Sekarang nggak perlu pusing lagi kalau ada kawanan semut yang mengganggumu! Kamu bisa pilih salah satu dari 20 cara di atas untuk membunuh dan mengusir semut sehingga mereka tidak kembali lagi. Semoga artikel ini dapat membantu, jangan lupa baca artikel lainya yaa!

Professional content writer, copywriter, and owner of TokoKata. Passionate blogger and SEO enthusiast. Practicing my bachelor's degree in accounting at the Indonesian Stock Exchange.