Selamat datang di TokoKata! Tempat belajar investasi dan memperluas wawasan dunia! Follow kami di Google News!

7 Tempat Wisata Underrated di Malang & Batu yang Belum Dikenal Banyak Orang!

Pengen healing? Yuk liburan ke Malang dan Batu! Simak 7 tempat menarik paling underrated yang wajib kamu kunjungi!
Wisata Kota Batu dan Malang

Penulis: Dayut Imo | Editor: Shoffan M.

Kamu pasti sering mendengar bahwa Kota Malang dan Kota Batu memiliki banyak pilihan tempat wisata. Seperti Museum Angkut, Jatim Park, Alun-alun, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan tempat-tempat yang belum dikenal banyak orang? 

Konon tempat wisata yang belum banyak dikenal bisa memberimu kesan yang lebih mendalam. Mengapa? Karena kamu bisa merasa lebih nyaman dengan pengunjung yang tidak membludak! Berikut 7 tempat wisata yang bisa kamu coba kunjungi saat berlibur di Kota Malang dan Kota Batu.

#1 Bedengan: Piknik Yuk!

bumi perkemahan bedengan, malang

Bumi Perkemahan Bedengan adalah lokasi wisata yang biasa digunakan untuk berkemah bagi para wisatawan lokal. Selain lahan kemah, disini kamu juga akan menemukan sungai yang amat bersih dan segar! Sangat direkomendasikan untukmu bermain air, berpiknik, dan melepas stress dari rutinitas sehari-hari!

Tarif masuk Bedengan adalah Rp10.000,00 per orang, serta tambahan biaya untuk parkir kendaraan. 

Bumi perkemahan ini berlokasi di kaki Gunung Kawi dan berjarak sekitar 15 km dari stasiun Kota Malang. Namun tenang! Bedengan dapat diakses menggunakan mobil ataupun motor dengan kisaran durasi perjalanan 40 menit. 

Tunggu apa lagi? Bawa mie dan kopi instan kesayanganmu, kompor portable, dan berpiknik lah dengan nyaman! Jangan lupa untuk membawa baju ganti jika kamu memutuskan untuk masuk ke sungai, dan perlengkapan tenda jika kamu ingin menginap. 

Tidak memiliki tenda? Lokasi ini menyediakan penyewaan tenda, mulai dari Rp60.000 saja.

#2 Brakseng: Lokasi Healing Terbaik

Butuh momen healing yang menenangkan dan jauh dari pusat perkotaan? Brakseng jawabannya! 

Kawasan Brakseng memiliki pesona alam yang terdiri dari berbagai macam perkebunan dan cafe. Kamu juga bisa melihat area Kota Malang dari ketinggian 1700 mdpl. 

Agenda yang bisa kamu pilih diantaranya adalah wisata petik jeruk, berjalan diantara kebun teh, atau bersantai di sekitar area perkebunan sambil melihat hamparan langit dan awan.

Brakseng juga termasuk kawasan Cangar, destinasi wisata yang menyuguhkan berbagai jenis wisata ala dataran tinggi.

Kawasan Brakseng berada di Kecamatan Bumiaji Kota Batu, sekitar 43 km dari stasiun Kota Malang. Lokasinya bisa dijangkau dengan mobil ataupun motor, akan tetapi pastikan kendaraanmu siap untuk menyusuri jalan yang menukik tinggi hingga berbatu. 

Segera packing ranselmu, gunakan pakaian hangat dan jangan lupa berfoto sesampainya disana!

#3 Kaliwatu Rafting: Saatnya Mencari Adrenalin!

Kaliwatu Rafting

Jika kamu mencari kegiatan yang mendebarkan, Kaliwatu Rafting jawabannya! 

Disini merupakan pusat outbound yang mengelola arung jeram berkelompok, aktivitas anak-anak & proyek komunitas desa. Mengusung konsep fun rafting, tingkat arung jeram pada trip ini cocok bagi semua kalangan dan usia. 

Selain itu, disini juga terdapat cafe yang menyuguhkan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Uniknya, disini kamu juga bisa menemukan koleksi ‘Art Ceramic’ yang memamerkan hasil karya seni rupa keramik satu-satunya di KWB (Kota Wisata Batu). 

Kaliwatu Rafting berada di Pandanrejo Kota Batu, berjarak 23 km dari stasiun Kota Malang, dengan jarak tempuh sekitar 40 menit menggunakan mobil. Yuk, coba keseruan bermain arung jeram bersama keluarga!

#4 Coban Putri: Asiknya Kemah dekat Air Terjun

Coban Putri, Batu

Coban Putri adalah lokasi wisata air terjun yang juga menyediakan tempat untuk berkemah. Jika kamu ingin bermain air sambil berkemah dan terbangun melihat pemandangan air terjun yang indah, maka Coban Putri lah jawabannya! 

Selain asik untuk berfoto, tempat ini juga menyuguhkan aneka makanan. Namun untuk berjaga-jaga, tetaplah membawa bekal untuk dinikmati di dekat air terjun.

Coban ini terletak di Oro-oro Ombo Kota Batu, 19 km dari stasiun Kota Malang dan sekitar 35 menit menggunakan mobil ataupun motor. Tempat ini berlokasi tidak terlalu jauh dengan destinasi wisata lain seperti Coban Rais dan Batu Flower Garden. 

Berkemah dan melihat indahnya air terjun? Big Yes! Saatnya untukmu berlibur dekat dengan alam di Coban Putri!

#5 Wisata Belanja: Pasar Besar hingga Thrift

Pasar Besar, Malang

Kamu ingin membawa oleh-oleh dari Malang? Tenang, ada banyak pilihan lokasi yang bisa kamu kunjungi! Pertama, kamu bisa membawa oleh-oleh kue kering jadul yang dijual di Toko Madjoe, Pasar Besar. 

Ingin jajanan selain kue kering? Pasar Besar Kota Malang punya segala macam jajanan dan oleh-oleh lain untukmu! Jarak Pasar Besar kurang dari 2 km dari stasiun Kota Malang, dan berada tepat di sebelah Alun Alun Kota.

Selepas mengitari alun-alun, kamu jadi ingin thrifting? Ada 2 rekomendasi lokasi untukmu! 

Lokasi pertama adalah Thrift The Bundle 3 yang berada tak jauh dari Pasar Besar dengan jangkauan motor. 

Jika kamu ingin ke toko yang bisa kamu tawar dengan jenis barang yang lebih beragam, kunjungi toko Babe Sport yang berada di daerah Merjosari! Toko ini berjarak sekitar 9 km jika kamu berangkat dari daerah Pasar Besar. 

Siapkan dompetmu, jangan lupa untuk berjaga-jaga membawa uang tunai kemanapun kamu pergi~

#6 Kampung Heritage: 4 Lokasi Unik dekat Stasiun Kota!

Kampung Kajoetangan

Kampung Heritage adalah salah satu destinasi wisata lokal yang menunjukkan ciri khas dari Kota Malang, seperti topeng Malangan dan Arema. 

Macam-macam Kampung Heritage yang bisa kamu temukan di Malang adalah: Kampung Kajoetangan, Kampung Tridi (3D), Kampung Warna-warni, dan Kampung Biru Arema. 

Kamu akan menemukan spot foto tak terhitung yang hanya bisa kamu temukan di Kota Malang!

Penasaran? Lokasi keempat kampung tersebut tidak jauh dari Stasiun Kota Malang, loh. Hanya berkisar antara 500 meter hingga 1,3 km dari pusat kota, kamu sudah bisa berjalan-jalan sambil ber-swafoto ria! 

Yuk, kenali Kota Malang lebih dalam dengan bermain di Kampung Heritage!

#7 Pantai Batu Bengkung, Ramah Anak!

Pantai Batu Bengkung

Tentu tidak afdol rasanya jika berwisata ke Malang tanpa mengunjungi pantai. Salah satu pantai yang jarang disorot adalah Pantai Batu Bengkung. 

Sesuai namanya, terdapat batu bengkung yang akan melindungimu dari ganasnya ombak pantai selatan. Hal ini membuat Pantai Batu Bengkung sangat ramah anak dan memungkinkanmu untuk berenang di sekitarnya!

Ini adalah destinasi wisata paling jauh yang ada pada daftar rekomendasi. Pantai ini berlokasi di Gedangan Kab. Malang, berjarak 63 km dari stasiun Kota Malang. Dengan jarak tempuh hampir 2 jam, kamu mungkin ingin datang lebih pagi, atau merencanakan untuk menginap. 

Pantai Batu Bengkung menyediakan sarana penginapan, lengkap dengan lokasi makan, dan sajian pemandangan matahari terbenam khusus buatmu!

Yuk Berwisata ke Kota Malang & Batu!

Itu dia 7 destinasi wisata yang bisa kamu coba kunjungi pada liburan kali ini! Jangan lupa mengajak orang-orang tersayang untuk berlibur bersama di Kota Malang dan Batu dan membuat memori yang berkesan bersama-sama. 

Memilih untuk berlibur sendiri? Kota Malang dan Batu aman untukmu! Pastikan kamu menjaga barang-barang pribadimu dengan baik, dan berkabar secara berkala kepada orang-orang yang kamu percaya.

Selamat berlibur!

Professional content writer, copywriter, and owner of TokoKata. Passionate blogger and SEO enthusiast. Practicing my bachelor's degree in accounting at the Indonesian Stock Exchange.