Selamat datang di TokoKata! Tempat belajar investasi dan memperluas wawasan dunia! Follow kami di Google News!

Hari ini IPO, Valuasi Reddit Tembus Rp100 Triliun! Harga Sahamnya $34 per Lembar

Saham Reddit akan diperdagangkan di New York Stock Exchange dengan harga IPO $34!
IPO saham Reddit RDDT dengan harga $34 per lembar

Menjelang Initial Public Offering (IPO) hari ini, Reddit telah menetapkan harga sahamnya menjadi $34. Harga ini merupakan harga di rentang tertingginya. Akibatnya, valuasi platform media sosial ini melonjak menjadi $6.4 miliar atau sekitar Rp100 triliun ($1 = Rp15,600).

Dari proses IPO ini, Reddit bakal mendapatkan dana segar sebesar $748 juta atau sekitar Rp11.7 triliun. Reddit akan melepas 22 juta lembar sahamnya ke publik dengan harga $34 per lembar. IPO Reddit ini bakal menjadi salah satu penawaran umum saham perdana terbesar oleh perusahaan media sosial.

Saham Reddit akan mulai diperdagangkan di bursa saham New York pada hari Kamis, 21 Maret 2024 waktu setempat dengan kode ticker RDDT.

Uniknya, Reddit juga menawarkan sahamnya kepada para pengguna platform (Redditor), meskipun belum diungkapkan berapa banyak yang mengambil tawaran tersebut.

Reddit didirikan hampir 20 tahun yang lalu dan telah menjadi salah satu situs web paling populer di dunia.

Website ini merupakan forum online di mana pengguna dapat mendiskusikan topik yang menarik bagi mereka. Pada akhir Desember 2023, perusahaan memiliki lebih dari 73 juta pengguna!

Meskipun IPO-nya diminati, profitabilitas Reddit ternyata masih diragukan. Bagaimana sebuah bisnis dapat menghasilkan uang dari teks percakapan acak penggunanya?

Pengunjung tidak perlu membayar untuk menggunakan Reddit. Situs web ini sepenuhnya gratis untuk dijelajahi. Pengguna bebas untuk mengunggah konten dan meninggalkan komentar tanpa perlu membayar.

Selama 20 tahun, ternyata Reddit belum pernah mampu menghasilkan keuntungan, dan beberapa investor mungkin bertanya mengapa Reddit bernilai triliunan jika belum pernah menghasilkan uang.

Reddit telah mencoba beberapa inovasi, dan perubahan visual yang signifikan pada tahun 2017 membuat situs web lebih ramah bagi pengiklan.

Tetapi tampaknya jalan Reddit menuju profitabilitas sudah terlihat! Reddit bakal memanfaatkan perkembangan AI untuk memonetisasi situs webnya.

Perusahaan seperti OpenAI, pengembang ChatGPT, akan membayar Reddit agar bisa menggunakan data teks percakapan para Redditor.

Google diyakini telah membayar $60 juta untuk membeli lisensi menggunakan data Redditor (mencakup komentar yang diunggah oleh para Redditor) yang telah dikumpulkan sejak berdirinya Reddit 20 tahun lalu. Data tersebut digunakan oleh Google untuk mengembangkan AI-nya agar lebih mirip manusia.

Reddit mengatakan bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan lisensi senilai lebih dari $200 juta yang berlaku selama dua hingga tiga tahun ke depan.

Pada bulan Februari lalu, Reddit mengatakan bahwa perusahaan mengalami kerugian sebesar $90,8 juta selama tahun 2023. Pendapatan yang diterima dari perusahaan kecerdasan buatan (AI) diharapkan dapat membuat platform Reddit menjadi menguntungkan.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki saham Reddit?

Professional content writer, copywriter, and owner of TokoKata. Passionate blogger and SEO enthusiast. Practicing my bachelor's degree in accounting at the Indonesian Stock Exchange.