Selamat datang di TokoKata! Tempat belajar investasi dan memperluas wawasan dunia! Follow kami di Google News!

Begini Cara Transfer Uang Beda Bank Biar Gratis: Pakai Flip! Beneran Bebas Biaya Admin!

Sering transfer uang ke beda bank? Anda wajib mencoba pakai Flip agar terbebas biaya admin! Yuk simak langkah-langkahnya agar bisa hemat!
Begini Cara Transfer Uang Beda Bank Biar Gratis: Pakai Flip!

Transfer uang ke bank yang berbeda ternyata bisa gratis lho! Anda cukup pakai aplikasi perantara: Flip! Beberapa waktu yang lalu saya mencoba menggunakan aplikasi ini untuk mentransfer gaji karyawan. Dan hasilnya memang benar-benar gratis, bisa menghemat biaya administrasi! Selain gratis, Flip juga aman dan simpel untuk digunakan.

Dalam kesempatan ini, saya akan menceritakan pengalaman transfer uang bebas biaya dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) ke Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan menggunakan Flip!

Baca juga: Harga CPO Naik +20% Sejak Awal 2024: Saham PT PP London Sumatra (LSIP) Mulai Uptrend Lagi?

Pakai Flip Bisa Hemat!

pakai flip bisa hemat biaya admin saat transfer beda bank

Normalnya, transfer uang beda bank akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 (BI fast) hingga Rp6.500!  Sekilas, biayanya terlihat kecil. Namun, jika Anda sering melakukan transfer beda bank, maka biaya tersebut lama-lama bisa menumpuk.

Bayangkan saja jika Anda melakukan transfer beda bank sebanyak 100 kali dalam setahun, biaya totalnya bisa mencapai Rp250.000 hingga Rp650.000! Lumayan juga kan?

Tau nggak? Setelah pakai Flip, Saya pribadi sudah hemat Rp777.500 karena tidak perlu bayar biaya admin lagi tiap transfer ke beda bank! Yuk segera install aplikasinya! Bisa download lewat link ini: https://flip.id/s/revvn4465!

Bagi kalian yang sering transfer uang, Flip sangat membantu mengurangi biaya yang cukup lumayan ini. Untuk itu marilah kita simak cara transfer uang pakai Flip bebas biaya admin dari BRI ke BSI.

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Transfer Uang Pakai Flip

Agar transfer uang dengan aplikasi Flip bisa segera dilakukan, persiapkanlah hal-hal berikut ini:

  • Smartphone. 
  • Aplikasi BRI Mobile Banking, BRImo, atau aplikasi mobile banking lainnya jika Anda menggunakan bank lain.
  • Aplikasi Flip.
  • Kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP atau Paspor.
  • Nomor HP aktif. 
  • Email.

Cara Mendaftar Flip

Bagi kalian yang belum punya akun Flip, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Flip di Google Play Store.
  2. Masukkan nama lengkap dan email. 
  3. Masukan kode referral biar dapat promo tambahan: EVVN4465 (opsional).
  4. Pastikan nama lengkap dan email sudah benar, lalu klik Daftar.
  5. Pilih salah satu cara untuk mendapatkan kode OTP, entah itu SMS atau WhatsApp.
  6. Masukkan 6 digit kode OTP yang Anda terima.
  7. Apabila Anda belum menerima kode OTP hingga batas waktu berakhir, silakan kirim ulang SMS atau WhatsApp.
  8. Buat 6 digit PIN untuk akun Anda. Pastikan PIN yang Anda buat sulit ditebak agar akun dan transaksi tetap aman, dan masukkan kembali 6 digit PIN yang sudah Anda buat.
  9. Untuk mempermudah masuk ke akun Flipmu, jangan lupa untuk mengaktifkan biometrik.
  10. Sedikit lagi untuk bisa mulai transfer hingga Rp50 juta per transaksi. Lanjut klik Verifikasi Sekarang memakai foto KTP atau Paspor!
  11. Klik Verifikasi Email, lalu Buka Email untuk lanjut ke tahap berikutnya. 
  12. Temukan Email Verifikasi dari Flip, buka lalu klik Verifikasi Email. Selanjutnya Masuk Lagi ke aplikasi untuk lanjut ke proses Tutorial Verifikasi Identitas.
  13. Setelah berhasil melakukan verifikasi, Anda bisa segera menggunakan Flip untuk transfer dari BRI ke BSI tanpa biaya administrasi!

Cara Transfer Uang Pakai Flip Dari BRI ke BSI

Setelah registrasi Flip selesai, Anda bisa segera melakukan transfer! Dalam tutorial ini, Saya mengansumsikan Anda sudah punya akun BRImo. Bila belum, transaksi bisa juga dilakukan melaui ATM. Namun biar tidak ribet, aktifkanlah BRImo saja. Kunjungi Bank BRI terdekat untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Tanpa Flip, transaksi beda bank dari BRImo ke BSI masih dikenai biaya Rp2.500 (jika menggunakan BI Fast). Jadi segera download Flip agar transfer beda bank bisa gratis. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka dan login ke aplikasi Flip

Transfer Uang Beda Bank Biar Gratis: Pakai Flip!

Buka aplikasi Flip yang sudah kalian download tadi. Masukan password jika diminta atau gunakan login biometrik/sidik jari.

2. Klik Transfer

transfer pakai flip dari BRI ke BSI

Tombol Transfer berwarna merah berada di bagian tengah bawah aplikasi!

3. Pilih Opsi Transfer

opsi transfer flip - tokokata

Setelah menekan tombol transfer, menu Opsi Transfer akan muncul. Terdapat 3 opsi, yaitu saldo Flip, Rekening Bank, dan Banyak Rekening Bank. Untuk transfer ke satu bank yang berbeda, Anda bisa memilih opsi Rekening Bank.

4. Klik Tujuan Baru

transfer pakai flip - tokokata

Jika Anda pernah melakukan transfer menggunakan Flip, maka histori rekening tujuan tersimpan akan muncul. Bagi Anda yang pertama kali menggunakan aplikasi Flip, silahkan tekan tombol Tujuan Baru.

5. Pilih Bank Tujuan

kirim uang ke BSI pakai Flip

Pilih bank tujuan transfer! Tingal ketik nama bank pada search box. Dalam contoh ini, kita akan mengirimkan uang ke bank BSI.

6. Masukan nomor rekening tujuan

masukan nomor rekening BSI ke aplikasi Flip

Masukan nomor rekening BSI tujuan ke aplikasi Flip! Kemudian klik Cek Rekening untuk memastikan bahwa nomor rekening yang dimasukan sudah benar. Secara otomatis, nama pemilik rekening tujuan akan muncul.

7. Masukan jumlah transfer

penerima transfer Flip BSI

Pastikan nama pemilik rekening tujuan transfer sudah cocok. Lalu masukan nilai uang yang ingin Anda transfer.

8. Pilih metode transfer

Metode transfer Flip - TokoKata

Klik tombol Lihat Semua untuk memilih metode transfer. Lalu cari bank yang biasanya Anda gunakan. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan BRI. Pilih opsi Transfer Bank BRI untuk transfer ke rekening bank lain secara gratis! Kemudian, klik lanjut dengan transfer bank!

*Jika Anda menggunakan metode Virtual Account, Anda akan terkena biaya Rp1.500. 

9. Transfer ke rekening Flip sesuai dengan jumlah transfer yang tertera pada aplikasi

jumlah transfer flip - tokokata

Disini Anda akan diminta untuk mentransfer uangnya ke rekening Flip. Karena Anda menggunakan metode transfer bank, maka jumlah transfer biasanya akan sedikit berbeda.

Anda akan mendapatkan kode unik yang tertera pada 3 digit terakhir jumlah transfer. Pastikan jumlah transfernya sesuai dengan yang tertera di aplikasi Flip, termasuk 3 digit terakhirnya.

Misalnya, Anda akan mentransfer Rp 55.000 dari rekning BRI ke BSI. Jika melihat contoh di atas, Flip memberikan kode unik berupa tambahan sebesar Rp 101. Jadi nominal yang Anda transfer ke rekening Flip adalah Rp 55.101!

Tambahan transfer Rp 101 rupiah ini bukan biaya admin, melainkan kode unik transfer. Jangan khawatir, pecahan lebih tersebut nantinya akan Flip kembalikan dalam bentuk Flip Coin yang nantinya akan terakumulasi dan bisa Anda gunakan untuk bertransaksi.

Perlu Anda ketahui, jumlah pecahan 3 digit yang perlu Anda tambahkan saat melakukan transfer ke rekening Flip akan berbeda-beda. Jadi pastikan untuk mentransfer uangnya sesuai dengan yang terterera di aplikasi Flip!

10. Masuk ke BRImo

BRImo - tokokata

Masuk ke aplikasi BRImo, lalu pilih Transfer.

11. Masukan nomor rekening Flip ke BRImo

Rekening BRI Flip - tokokata

Anda bisa menyalin nomor rekening Flip dari step 9. Pastikan bank tujuan yang Anda pilih adalah Bank BRI lalu klik Lanjutkan.

11. Masukan nominal transfer ke BRImo sesaui dengan yang tertera pada aplikasi Flip

Transaksi rekening Bank FLIP

Sekali lagi, pastikan nilai nominal transfer sudah termasuk tambahan 3 digit terakhir! Jika pecahan ratusan tidak Anda masukan ke dalam nominal transfer, maka transaksi bisa gagal. Setelah itu, klik Lanjutkan dan masukan PIN BRImo. Tunggu sesaat hingga transaki berhasil.

Pada tahap ini, uang Anda sementara akan masuk ke rekening Flip yang bertindak sebagai perantara.

12. Konfirmasi Transaksi di Flip

konfirmasi transaksi aplikasi Flip

Masuk kembali ke aplikasi Flip, lalu pada menu Transaksi, Anda tinggal melakukan konfirmasi. Tekan tombol "Saya sudah transfer" lalu tunggu beberapa saat. Uang Anda akan diteruskan oleh Flip, dari rekening BRI milik Anda ke rekening BSI tujuan!

13. Transaksi berhasil!

Transaksi Flip berhasil - tokokata

Selamat! Anda telah berhasil mentransfer ke rekening beda bank tanpa membayar biaya Admin! Flip telah berhasil meneruskan uang Anda ke rekening tujuan. Anda bisa membagikan atau mengunduh bukti transaksi Flip jika diperlukan.

Koin Flip yang Anda akumulasikan dari kode unik 3 digit saat mentransfer akan terakumulasi. Anda bisa menggunakannya untuk membeli pulsa maupun membayar biaya admin jika Anda memilih menggunakan metode pembayaran Virtual Account.

Demikian cara transfer uang beda bank gratis tanpa biaya admin menggunakan aplikasi perantara Flip!

Baca juga: Bank Syariah Indonesia (IDX: BRIS) Akan Segera Menggelar RUPS! Begini Potensi Dividennya!

Professional content writer, copywriter, and owner of TokoKata. Passionate blogger and SEO enthusiast. Practicing my bachelor's degree in accounting at the Indonesian Stock Exchange.