Selamat datang di TokoKata! Pengen berinvestasi saham di Amerika Serikat? Bisa cobaiin Gotrade dan langsung dapatkan bonus $2! Diawasi BAPPEBTI.

Skenario Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 terbuka lebar! Berikut ini tiga skenarionya!
Gelandang timnas U-23 Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya melalui tendangan penalti dalam pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024 melawan Yordania di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada Minggu (21/4/2024). (ANTARA/AFP/Karim Jaafar/pri)
Gelandang timnas U-23 Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya melalui tendangan penalti dalam pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024 melawan Yordania di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada Minggu (21/4/2024). (ANTARA/AFP/Karim Jaafar/pri)

Timnas Indonesia U-23 punya peluang besar untuk bisa mengikuti Olimpiade 2024 di Paris! Hasil Piala Asia U-23 ini nantinya akan dijadikan sebagai penentu apakah tim sepak bola Indonesia berhak mengikuti kejuaraan bergengsi.

Tim kebanggaan asuhan Shin Tae Yong berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah berhasil menekuk raksasa Korea Selatan dalam drama adu penalti yang berakhir 11-10 (2-2) untuk kemenangan Garuda Muda.

Hasil pertandingan perempat final bersejarah pada hari Jumat lalu (26/4/2024) tersebut mengantar Witan dan kawan-kawan untuk lanjut bertanding di semifinal melawan Uzbekistan U-23.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Underrated di Malang & Batu yang Belum Dikenal Banyak Orang!

Kick-off akan dilaksanakan pada hari Senin (29/4/2024) yang juga bertempat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, sama seperti pada pertandingan perempat final, pukul 21.00 malam WIB.

Uzbekistan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0 dan menjadi satu-satunya tim yang sempurna melewati empat pertandingan Piala Asia U-23 tanpa kekalahan.

Garuda Muda tak perlu gentar menghadapi nama besar Uzbekistan.

Walaupun Uzbekistan bisa mencetak 12 gol dan belum kebobolan, hal tersebut tak perlu membuat Timnas Indonesia U-23 ciut.

"Sudah sampai semifinal, tanggung sedikit lagi juara," juga jadi pikiran-pikiran yang memperkuat mental nothing to lose Rizky Ridho dkk.

Masuknya Timnas U-23 ke babak semifinal Piala Asia U-23 merupakan pencapaian yang di luar ekspektasi dan melebih target PSSI.

Selain itu peluang Timnas U-23 untuk lolos Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka lebar jikalau pertandingan semifinal ini dimenangkan oleh Uzbekistan. Hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para pemain untuk bermain tanpa beban dan mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Baca juga: Begini Cara Transfer Uang Beda Bank Biar Gratis: Pakai Flip! Beneran Bebas Biaya Admin!

Skenario Timnas U-23 Lolos Olimpiade Paris 2024

Timnas Indonesia U-23 berjuang merebut tiket Olimpiade Paris 2024 melalui sisa laga di Piala Asia U-23 2024. (Gambar: ANTARA)
Timnas Indonesia U-23 berjuang merebut tiket Olimpiade Paris 2024 melalui sisa laga di Piala Asia U-23 2024. (Gambar: ANTARA)

Piala Asia U-23 dijadikan sebagai ajang kualifikasi Olimpiade 2024. Tim yang berhasil menduduki peringkat 1, 2, dan 3 secara otomatis berhak mendapatkan slot di Paris. Sementara itu tim yang menduduki peringkat ke-4 berhak untuk bertanding melawan Guinea dalam laga playoff untuk menentukan slot terakhir.

Baca juga: Butuh Healing? Ini Dia 7 Tempat Destinasi Liburan di Aceh Yang Wajib Dikunjungi!

Skenario 1: Timnas U-23 Menang Lawan Uzbekistan di Semifinal!

Jika Indonesia berhasil memenangkan laga semifinal melawan Uzbekistan, maka secara otomatis Timnas U-23 akan mendapatkan slot di Olimpiade Paris 2024.

Jika menang, Indonesia akan menjadi finalist dan berhak melawan pemenang pertandingan semifinal antara Irak versus Jepang yang akan berlangsung pada 30 April jam 00.30 dini hari WIB. Finalist Piala Asia U-23 akan menepati posisi 1 dan 2 dan lolos menuju Olimpiade Paris 2024.

Dalam pertandingan ini, Indonesia memang tidak diunggulkan. Gawang Uzbekistan sama sekali belum pernah kebobolan, bahkan di fase group sekalipun. Uzbekistan juga merupakan juara Piala Asia U-23 edisi 2018 lalu.

Namun tidak ada yang tidak mungkin. Walaupun berposisi sebagai underdog, Indonesia berhasil lolos di grup dan menang di perempat final melawan tim-tim raksasa seperti Australia, Jordania, dan Korea Selatan.

Skenario 2: Timnas U-23 Kalah di Semifinal Tapi Rebut Posisi Ke-3!

Jika Timnas U-23 kalah melawan Uzbekistan, supporter jangan khawatir! Kita masih memiliki kesempatan untuk memperebutkan juara ke-3 Piala Asia U-23 dan lolos Olimpiade Paris 2024.

Dalam skenario ini, Indonesia akan bertanding melawan tim lain yang gagal menuju final, Irak atau Jepang.

Pertandingan semifinal ini diprediksi akan dimenangkan oleh tim Samurai Biru dan Irak diprediksi akan menjadi underdog.

Irak pernah menjuarai Piala Asia U-23 Asian Cup edisi 2013. Sedangkan Jepang menjuarai Piala Asia U-23 edisi 2016.

Pada Piala Asia U-23, Timnas Irak terpantau cukup kesulitan melawan tim-tim dari Asia Tenggara. Irak sempat dikalahkan oleh Thailand 2-0 pada fase grup. Kemudian pada perempat final, Irak melawan Vietnam dan hanya mampu menang tipis 1-0 berkat hadiah penalti yang cukup kontroversial.

Apabila Indonesia bertemu Irak dalam skenario kedua ini, Shin Tae Yong bersama timnya diprediksi akan mampu memberikan perlawanan yang sengit.

Apabila Timnas Irak menang di semifinal, maka Indonesia akan melawan Jepang. Indonesia juga dinilai memiliki peluang yang cukup tinggi untuk mengalahkan tim Jepang. Sebelumnya, Timnas Jepang sempat kalah 1-0 saat melawan Korea Selatan di fase grup.

Perebutan juara ke-3 Piala Asia U-23 akan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2024.

Skenario 3: Indonesia Menang Melawan Guinea dalam laga playoff 

Dalam skenario terburuk, Indonesia kalah melawan Uzbekistan dan gagal meraih juara ke-3, Timnas U-23 masih punya satu kesempatan lagi untuk lolos Olimpiade Paris 2024!

Dalam skenario ini, Indonesia akan melawan wakil Afrika, yaitu Guinea, pada tanggal 9 Mei 2024 di Prancis.

Jika Indonesia harus melawan Guinea pada laga playoff tersebut, Timnas U-23 diharapkan untuk tidak lengah karena pertandingan ini akan menjadi harapan terakhir untuk lolos Olimpiade 2024.

Guinea sendiri berada di posisi ke-76 ranking FIFA, bukan merupakan lawan yang bisa dianggap enteng.

Jika lolos, Olimpiade ini menjadi yang kedua bagi Indonesia setelah sebelumnya tampil di Olimpiade Melbourne 1956.

Professional content writer, copywriter, and owner of TokoKata. Passionate blogger and SEO enthusiast. Practicing my bachelor's degree in accounting at the Indonesian Stock Exchange.